PAMERAN (EXHIBITION)

 Pameran, trade show, exhibition, exposition (expo) conference-exhibition (confex) merupakan kegiatan untuk memasarkan produk, jasa atau gagasan dalam suatu kegaiatan (event) yang dipamerkan. Biasanya diselenggarakan di pusat konvensi (convention centre), ruang pameran (exhibition hall atau di tempat hotel, dll. Cara yang biasa dilaksanakan adalah dengan menyewakan stan (booths) di ruang pameran kepada perusahaan untuk memamerkan produk/jasa/gagasan mereka. Bisa saja kegiatan itu hanya khusus pameran saja atau digabungkan dengan kegiatan pertemuan atau konvensi/seminar, dll. Tidak jarang justru perusahaan2 tertentu menyelenggarakan seminar atau konvensi yang sekaligus untuk ajang memamerkan produk mereka. Contoh : Seminar Broadcasting se-Asia di Singapura. Kegiatan pameran dapat dibagi 2, yaitu : 1. Pameran bukan untuk umum (not a public event). (biasanya yg diundang kalangan terbatas) 2. Pameran untuk umum (public show)/pameran konsumen (consumer show). Pameran bukan umum biasanya yg disasar adalah kelompok atau organisasi usaha tertentu, misal kelompok perusahaan broadcasting, militer, dll. Pameran umum biasanya justru yang disasar produk untuk khalayak umum . Dalam operasionalnya sering kali yg menjadi hambatan adalah saat membagi stan (booths) kepada peserta pameran. Ada beberapa cara yg dapat dilakukan ; 1. First come first serve (yg datang pertama silakan memilih lokasi stan (booths); 2. Sistem point yg dilakukan dengan melakukan penilaian, bisa dinilai dengan melihat keikutsertaan perusahaan tersebut dalam pameran yg dilakukan sebelumnya atau didasarkan dari nilai stan (booths) yg diambil, karena masing-masing lokasi dan luas area stan juga mempengaruhi dalam harga. 3. Sistem undian (lottery system) dengan jalan mengundi untuk dapat memilih stan yg dikehendaki atau menentukan siapa yg berhak mengambil stan Jenis pameran dapat dibagi berdasarkan : 1. daerah/ teritorial kegiatan, bisa pameran lokal, nasional dan internasional, harus diingat bahwa pameran nasional dapat dilaksanakan di luar negeri, misal pameran dagang khusus produk Indonesia di Kedutaan Besar suatu negara, dll.; 2. barang yg dipamerkan, ada pameran vertikal yg menggelar satu produk sejenis dan pameran horizontal yg menggelar lebih dari satu produk; 3. segi ukuran penyelenggaraan, ada kategori kecil, sedang atau besar yg bisa dilihat dari tempat dan besaran stan, misal pameran tempel (poster) kategori kecil, pameran di hall kategori sedang dan pameran di luar bangunan, misal pameran dirgantara di bandara termasuk besar.

Perihal dirul andalas
saya adalah seseorang yang ingin maju,, banyak blajar meski tanpa guru.. meyakini apa yang aku percayai, percaya pada apa yang aku alami, fakta dan nyata, sedangkan mimpi adalah masa depan yang selalu ingin aku gapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: