Imunisasi BCG Cegah Penyakit Kusta

Bagi para ibu sering bertanya apa manfaat imunisasi untuk putra-putri mereka dibulan-bulan awal kelahiran. Salah satu imunisasi adalah Bacillus Calmette Gueerin (BCG) imunisasi ini membantu mencegah dan mengurangi kemungkinan tertular  penyakit kusta. Kendati penyakit menular, kusta sulit tertular karena kontak hanya orang dengan pertahanan tubuh yang tertular bakteriMycobacteriium Leprae dapat terjangkit penyakit kusta pada syaraf tepi.

Dari 100 orang yang terkena bakteri kusta, 95persen sehat, 3persen terkena dan sembuh sendiri hanya dua persen orang yang yang tertular kusta dan membutuhkan pengobatan, gejala kelainan diawali dengan bercak putih seperti panu atau bercak kemerahan yang mati rasa, tidak ditumbuhi bulu, tidak berkeringat, tidak gatal,dan sakit. Bila dibiarkan, hal tersebut dapat menyebakan kecacatan pada penderitanyaseperti cacat mata hingga buta, mati rasa pada tapak tangan dan kaki, jari-jari kriting,memendek dan putus-putus. Pengobatan kusta baik kering maupun basah harus dilakukan terus menerus. Untuk kusta kering harus meminum obat selama 6 bulan dan kusta basah selama 12 bulan atau 1tahun.puskesmas memiliki obat yang akan mencegah terjadinya kecacatan bila ditangani secara dini.

Jumlah penderita kusta dan frambusia di indonesia terus menurun tiap tahun. Pasien kusta pada tahun 2009 menurut survei  21.025 orang atau 0.91% per 10.000 penduduk. Rata-rata nasional angka  penyakit kusta sudah dibawah target eliminasi walaupun ada beberapa daerah yang berada diatas rata-rata.

Perihal dirul andalas
saya adalah seseorang yang ingin maju,, banyak blajar meski tanpa guru.. meyakini apa yang aku percayai, percaya pada apa yang aku alami, fakta dan nyata, sedangkan mimpi adalah masa depan yang selalu ingin aku gapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: